Rekruitmen Panwascam, Bawaslu Way Kanan Masuki Lakukan Evaluasi

Rekrutmen Panwascam, Bawaslu Way Kanan Lakukan Evaluasi

Waykanan – Bawaslu Waykanan melakukan Evaluasi Kinerja terhadap Panwaslu Kecamatan Pemilu tahun 2024. Hal itu dilakukan untuk melihat masih ataui tidaknya anggota calon pawascam dilanjutkan, di Gedung  Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Flamboyan Negeri Baru Waykanan, Senin (29/04/2024).

“Setelah kemarin kawan-kawan mengerjakan soal Portofolio maka tinggal satu tahap lagi yaitu penilaian atasan langsung  secara online dan nanti akan diputuskan apakah saudara-saudari masih layak untuk menjadi Panwascam Pilkada tahun 2024 atau tidak,” kata ketua Bawaslau Waykanan, Sukindra, dihadapan 41 calon anggota Panwascam .

Menurutnya, Jumlah Panwascam Pada Pemilu tahun 2024 adalah 45 orang, namun sampai akhir pendaftaran berkas hanya 41 orang, sementara ada empat orang tidak mendaftar lagi.

Kordinator Divisi (Kordiv) Sumberdaya Manusia Organisasi dan Diklat (SDMO Diklat) Bawaslu Waykanan, Sigit Dwi Suwardi menjelaskan, bahwa terdapat hal baru dalam rekrutmen Panwascam Pilkada tahun 2024. Hal baru tersebut adalah dengan adanya dua mekanisme, proses untuk Panwascam Existing dan Rekrutmen bagi pendaftar baru.

Sigit menjelaskan, merujuk pada Keputusan Bawaslu RI Nomor: 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang  Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan Untuk Pemilihan Tahun 2024, maka ada dua, bagi Panwascam Pemilu 2024 dan pendaftar baru, mengingat waktunya beririsan setelah Pemilu lanjut Pilkada dan tugas pengawasan sudah didepan mata seperti pengawasan Rekrut PPK maupun persiapan pengawasan Bakal Calon Perseorangan untuk Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan atau yang biasa disebut calon independen atau non partai.

Dilakukan proses rekrut terlebih dahulu bagi Panwascam Pemilu menggunakan Evaluasi Kinerja baru dibuka untuk umum.

“Kami Evaluasi Kinerja terhadap Panwascam Existing dan apabila ada Panwascam Pemilu yang tidak memenuhi syarat (TMS) maka kami adakan pembukaan untuk rekrut baru di Kecamatan tersebut,” ujarnya.

Yang jelas sudah pasti dibuka, kata Sigit  untuk Kecamatan Baradatu, Gunung Labuhan, dan Negara Batin karena di Kecamatan tersebut sudah ada 4 orang Panwascam Pemilu yang TMS, nanti tanggal 3-4 diumumkan dan tanggal 5-7 Mei 2024 penerimaan berkas bagi pendaftar baru.

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin