Tingkatkan Kemampuan Pengelolaan BUMKam, Pemkam Jaya Tinggi Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kemampuan Pengelolaan BUMKam, Pemkam Jaya Tinggi Gelar Pelatihan

Way Kanan – Tingakatkan kemampuan pengelolaan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam), Pemerintah Kampung Jaya Tinggi Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan mengadakan pelatihan, di balai kampung setempat, Selasa (23/04/2024)/

Pelatihan tersebut diharapkan kedepannya akan didorong menjadi leading sector dalam membangun ekonomi kerakyatan.

Selamat Riadi, Kepala Kampung Jaya Tinggi menegaskan, jenis usaha bisnis sosial dalam BUMKam yakni dapat melakukan pelayanan publik kepada Masyarakat.

“Kami mengarahkan supaya alokasi belanja kampung yang difokuskan untuk mendanai program ekonomi kerakyatan sebaiknya di serahkan kepada BUMKam guna mengelola dana tersebut untuk kesejahteraan warga kampung, “terang nya.

Menurutnya, pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan pengelola badan usaha milik kampung.

Selama pelatihan, kata Riadi para  peserta di bekali dengan pengetahuan pengelolaan BUMKam yang benar, karena selama pengelolaan BUMKam di lakukan,  terkendala karena minimnya pengetahuan.

“Kegiatan ini kami laksanakan dengan mengacu pada UU no. 6 tahun 2014 tentang desa, PerMenDesa no. 4 tahun 2015 tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan dan pembubaran badan usaha milik desa, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2021 tentang badan usaha milik desa, PerMenDesa no 3 tahun 2021 tentang pendaftaran, pendataan, dan pemeringkatan, pembinaan dan pengembangan, dan pengadaan barang atau jasa badan usaha milik desa / badan usaha milik desa bersama, maupun beberapa yang mengamanatkan untuk pembentukan BUMKam dan pengelolaan dana desa,” ujarnya.

Pelatihan peningkatan kapasitas pengelola badan usaha milik kampung,  dengan menghadirkan Dini Desthiny.SE.MM PIC BUMKam Waykanan sebagai narasumber yang berkompeten yang didamping oleh Syeh Pahrul Wadi, PD Kampung Jaya Tinggi.

Para Nara Sumber tersebut melatih dan membimbing para pengelola BUMKam dengan pengetahuan sehingga mereka mampu mengelola BUMKam dengan baik.

“Alhamdulilah di tahun 2024 ini kampung jaya tinggi menjadi yang pertama untuk pelatihan BUMKam di kecamatan Kasui ,” kata Selamat Riadi.

Penulis

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin