Kendati Tak Berada Didomisili, Warga Tetap Bisa Memberikan Hak Suara Pada Pemilu Mendatang

Kendati Tak Berada Didomisili, Warga Tetap Bisa Memberikan Hak Suara Pada Pemilu Mendatang

Waykanan –  Meskipun tidak berada di domisili sesuai KTP, Warga tetap bisa memilih, dalam pemilihan umum (Pemilu) Februari 2024 mendatang.

Hal itu trerungkap saat Anggota KPUD Wayakanan melakukan sosialisasi Pemilu di Markas Komando (Mako) Skadron Waykanan, Bersama puluhan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Lanudad Gatsu,  Jumat  (19/1/2024).

Tri Sudarto, Anggota KPU Waykanan menjelaskan, dalam materinya menjelaskan tentang tahapan Pemilu, Jenis-jenis pemilih, dan contoh pencoblosan surat suara.

“Meski jauh dari kampung halaman, bahkan Ektp ibu-ibu bukan di wilayah Kabupaten Waykanan, ibu-ibu tetap bisa menyalurkan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang, jangan sampai golput,” katanya.

Anggota KPU tersebut juga mensosialisasikan peserta Pemilu, mulai dari Capres-cawapres, DPR RI, sampai DPRD Kabupaten Kota.

“Jika EKTP ibu-ibu dari pulau Jawa, maka ibu-ibu hanya memperoleh surat suara Capres-cawapres saja yang bisa dipilih, kalau dari Provinsi Lampung, bisa DPD RI dan juga DPR RI, tapi melihat Dapilnya masuk Lampung 2 atau tidak,” ujarnya.

Kordiv SDMO Bawaslu Waykanan, Sigit Dwi Suwardi mengatakan, yang wajib netral adalah TNI, sedangkan istrinya masih memiliki hak pilih, oleh sebab itu, selain sebagai pemilih ibu-ibu persit dapat menjadi pengawas Netralitas dari suaminya.

Wilayah Skadron juga dianggap tepat untuk dilakukan Sosialisasi karena wilayah tersebut tidak diperbolehkan kampanye oleh peserta Pemilu.

“Saya yakin betul bahwa tidak ada giat kampanye yang dilakukan oleh peserta Pemilu dilokasi ini, maka Sosialisasi yang dilakukan KPU dan Bawaslu ini sangatlah tepat untuk mengenalkan siapa saja peserta Pemilu pada tahun 2024 secara adil,” kata dia.

Menurutnya, debat Capres-cawapres itu juga merupakan kegiatan kampanye yang difasilitasi oleh KPU.

Sementara itu, Debi Ferry Eko Saputra, Istri Komandan Skadron Waykanan mengaku menyambut baik kegiatan yang dilakukan KPU dan Bawaslu diwilayahnya.

“Terimakasih kepada KPU dan Bawaslu Waykanan yang telah hadir memberikan sosialisasi Pemilu kepada kami (ibu-ibu Persit,RED),  ini baru pertama kali diadakan dan sangat bermanfaat bagi kami yang punya hak pilih, tapi harus menjaga Netralitas,” kata Debi.

Kegiatan berlangsung hingga menjelang pukul 12:00 Wib dan diikuti oleh puluhan ibu-ibu Persit dari Skadron maupun Lanudad Gatsu Waykanan.

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin