Kembangkan Inovasi, Dekranasda Mesuji Gelar Pelatihan Kreasi Sulam Ulat

Kembangkan Inovasi, Dekranasda Mesuji Gelar Pelatihan Kreasi Sulam Ulat

Mesuji – Guna meningkatkan kemampuan para pengrajin sulam ulat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Mesuji bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan kabupaten setempat, menggelar Pelatihan Kreasi Sulam Ulat dan Tapis.

Kegiatan yang digelar di hotel Grand Praba Bandarlampung ini, dilaksanakan selama tiga hari, 29 November hingga 1 Desember 2023.

Kegiatan yang diikuti 28 peserta itu bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi pengerajin serta membantu para pengerajin ini agar dapat menjadi wirausaha yang kuat dan profesional.

Ketua Dekranasda kabupaten Mesuji, Pori Karlia Sulpakar berjanji, akan terus berupaya melakukan terobosan kepada para pengerajin Sulam Ulat dan Tapis agar kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat melalui pengembangan kerajinan Sulam Ulat.

“Dekranasda saat ini terus melakukan pengembangan potensi pengerajin Sulam Ulat di kabupaten Mesuji. Kedepan kami yakin para pengerajin ini akan mampu mengenalkan hasil pengerajin mereka di provinsi Lampung bahkan tingkat Nasional,” ujar Ketua Dekranasda Pori Karlia Sulpakar, Jumat (1/12/23).

Pori Karlia juga menambahkan, kegiatan itu tidak hanya seremonial saja, setelahnya, peserta akan terus dibina hingga nantinya mereka mampu memproduksi secara mandiri serta memasarkan hasil karyanya ke masyarakat luas.

“Kami berharap nantinya para pengerajin ini dapat memproduksi produk-produk kerajinan Sulam Ulat yang kreatif, inovatif dan berkualitas dengan menonjolkan budaya lokal yang menjadi ciri khas produk unggulan kabupaten Mesuji,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Mesuji Sunardi Nyerupa menyebut, fihaknya akan memfasilitasi para pengerajin Sulam Ulat ini agar dapat mengenalkan hasil kerajinan mereka di pasaran, baik di kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Nasional maupun Internasional.

“Kita juga terus berupaya memberikan bimbingan teknis terhadap para pelaku usaha termasuk pengerajin Sulam Ulat ini dalam memasarkan produk kerajinannya di era digitalisasi dan sistem online,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin