36 Calkakam Kasui Gelar Deklarasi Damai, Wabup Waykanan Tekankan Pj Kakam Harus Netral

36 Calkakam Kasui Gelar Deklarasi Damai, Wabup Waykanan Tekankan Pj Kakam Harus Netral

Ali Hanapiah

Laporan : Ali Hanapiah

Fakta7.com || Waykanan – Sebanyak 36 calon kepala kampung yang ada di Kecamatan Kasui, Waykanan untuk mengikuti Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak gelombang kedua tahun 2023 di Kabupaten Waykanan, melakukan Deklarasi Damai di Aula kecamatan Kasui, Jum’at (05/05/2023).

Pada deklarasi damai tersebut, dihadiri  Wakil Bupati Waykanan, Drs. H. Ali Rahman M.T, Wakil Ketua II DPD RI, Dr. H. Bustami Zainudin S.Pd M.H.

Camat Kasui,  Ansori S.Pd mengatakan, Deklarasi Damai hari itu dihadiri 36 calon kepala kampung dari 12 kampung yang ada di  Kecamatan Kasui, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas Pilkakam serentak 2023 di kecamatan setempat.

Ansori mengungkapkan, kedewasaan masyarakat sudah teruji, tinggal bagaimana stakeholder yang diundang dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin pada Pilkakam serentak yang akan datang.

Yang terpenting, kata Ansori,  adalah sikap kedewasaan berdemokrasi para peserta, harus siap menang dan siap kalah. “Kita buktikan hari ini kita duduk bersama melaksanakan deklarasi damai, mengikuti kontestasi untuk mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat,” katanya.

Harapannya, pesta demokrasi tingkat kampungtersebut  bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas yang bisa meningkatkan kedewasaan berdemokrasi sesuai amanat undang-undang, “Kami juga berupaya terus bekerja sama menjaga kamtibmas di tengah masyarakat,” jelas Ansori.  

Wakil Bupati Waykanan, Ali Rahman menuturkan, deklarasi damai adalah salah satu tugas dari panitia Pilkakam mulai dari tingkat kampung, kecamatan, hingga tingkat kabupaten.

“Hari ini kita laksanakan secara terkoordinasi dengan menghadirkan Forkopimda dan semua elemen masyarakat. Pelaksanaan Pilkakam ini semua melalui mekanisme yang diatur jelas didalam Perbup,” tuturnya.

Menurut Wabup, para calkakam harus berlomba – lomba Mencari simpati masyarakat dan  terus berikhtiar serta berdoa, karena semua orang punya rezeki, tapi yang membedakan hanyalah Nasib. “Karena Rezeki itu tuhan yang ngatur, Jangan khawatir, asalkan dengan catatan harus nyalon biar terpilih ada kata nasehat  yang selalu saya ingat, apabila usaha serta ikhtiar sudah sampai kepada

Ali Rahman berharap, semua Pj kepala kampung agar memposisikan diri untuk selalu netral, tidak ada keberpihak kesalah satu calon, begitupun kepada semua panitia pilkakam, agar selalu menjaga rasa kondusif serta aman pada saat pelaksanaan nanti tutup.

Editor : Sen’s

Penulis

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin