Pencapaian Makro Pembangunan Baik, Bupati Waykanan Raih Penghargaan Khusus

Pencapaian Makro Pembangunan Baik, Bupati Waykanan Raih Penghargaan Khusus

Ali Hanapiah

Laporan : Ali Hanapiah

Fakta7.com || Bandarlampung – Dinilai berhasil dalam pencapaian pembangunan makro, Gubernur Lampung memberikan penghargaan kepada Bupati Waykanan, penghargaan khusus kategori kabupaten dengan capaian makro pembangunan terbaik.  

Bupati Waykanan, H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menerima penghargaanb dari Guernur Lampung,  Arinal Djunaidi, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2024, di Hotel Novotel Bandar Lampung, Rabu (29/03/2023).

Pada acara tersebut juga, Gubernur Lampung menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah SABURAI Tahun 2023 Kategori Kabupaten Terbaik, Kategori Kota Terbaik, Penghargaan Khusus Kategori Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan, serta Kategori Perangkat Daerah Terbaik Pemerintah Provinsi Lampung.

Dalam Musrenbang tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mendorong seluruh Pemerintah Daerah, baik Kabupaten dan Kota untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan,  salah satu yang dilakukan dengan memberikan Penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah menunjukkan kinerja terbaik dalam perencanaan, pelaksanaan dan inovasi pembangunan melalui penghargaan pembangunan daerah.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwai Jurai Tahun 2023 adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota yang telah menyusun dokumen perencanaan berkualitas, inovasi pembangunan serta pencapaian target-target pembangunan daerah.

Penerimaan penghargaan tersebut, kata Arinal,  berdasarkan tahapan penilaian terhadap dokumen perencanaan dan dokumen inovasi yang dilakukan oleh Tim Penilai Teknis, kemudian presentasi dan verifikasi yang dilaksanakan secara offline oleh Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen dengan mengutamakan empat aspek penilaian yaitu Pencapaian Pembangunan, Proses Penyusunan Dokumen, Kualitas Dokumen, dan Inovasi Pembangunan.

“Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwai Jurai Tahun 2023 ini, diberikan kepada Perangkat Daerah yang telah menyusun dokumen perencanaan dan capaian kinerja yang terbaik, dan juga  diberikan kepada Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan Perencanaan Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan, dan kepada Kabupaten/Kota dengan capaian makro pembangunan yang terbaik,” katanya.

turut dihadiri secara virtual oleh Mendagri diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Ir. Restuardy Daud, M.Sc, dan Menteri Perindustrian RI diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Andi Rizaldi. Hadir secara langsung Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional diwakili Direktur Pendanaan Mutilateral Kementerian PPN/Bappenas, Dr. Raden Siliwanti, MPIA, dan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim.

Editor : Seno

Penulis

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin