Berhasil Dibidang Kesehatan, Sulpakar Terima Penghargaan UHC Award 2023

Berhasil Dibidang Kesehatan, Sulpakar Terima Penghargaan UHC Award 2023

Aris Rinaldi

Laporan : Aris Rinaldi

Fakta7.com || Jakarta – Pemerintah Kabupaten Mesuji berkomitmen menjalankan program nasional terutama dibidang kesehatan. Bumi Ragab Begawe Caram dinilai berhasil mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) dalam segmen PBPU Pemda yang mencapai angka di atas 95 persen.

Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar.MM., menerima langsung piala penghargaan UHC oleh Wakil Presiden Indonesia yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian di Gedung Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023).

“Penghargaan ini diberikan karena Kabupaten Mesuji berhasil memberikan hampir seluruh warga masyarakatnya memiliki Payung Perlindungan untuk mengakses Layanan Fasilitas Kesehatan Secara GRATIS di faskes terdekat,” kata Sulpakar.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung itu menyampaikan, Jadi tidak ada lagi masyarakat yang kesusahan untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan secara GRATIS di RSUD, Puskesmas maupun Fasilitas Kesehatan lainnya yang ada di Kabupaten Mesuji.

Sesuai dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018 dan Persetujuan Direktur Perluasan dan Pelayanan Kesehatan Peserta maka Pendaftaran Bagi Penduduk yang di Daftarkan Oleh Pemerintah Kabupaten Mesuji PBPU / BP Pemda Mesuji dapat Langsung di aktifkan tanpa mekanisme cut off.

“Artinya, tidak ada Penundaan untuk peserta PBI Pemda kita di daftarkan kepesertaan BPJS langsung aktif tidak harus menunggu tanggal 1 bulan berikutnya. Jadi apabila masyarakat yang membutuhkan Kartu BPJS untuk berobat bisa langsung mendapat pelayanan pengobatan dengan kartu BPJS tersebut,”jelasnya.

Dalam sambutannya Wakil Presiden Republik Indonesia, K. H. Ma’ruf Amin menyampaikan, pemerintah menargetkan 98% masyarakat Indonesia terlindungi dengan jaminan kesehatan hingga Tahun 2024 nanti.

Oleh sebab itu pemerintah pusat sangat mengapresiasi kepada kepala daerah yang telah berkomitmen dan mendukung program JKN.

“Sebagai program prioritas nasional pemerintah daaerah harus mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam JKN serta meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,”ujarnya.

Wapres juga menungkapkan bahwa kepesertaan JKN sudah tercatat lebih dari 248 juta jiwa di Indonesia atau 90,3 persen penduduk Indonesia. Dia juga mengatakan Indonesia menjadi salah satu Negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan memadai.

Di tempat yang sama menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy Menyampaikan beragam inovasi dan pencapaian luar biasa yang telah di raih dalam program JKN selama ini tidak lepas dari sinergi yang baik pemerintah Daerah tingkat Bupati, walikota dan Gubernur Se Indinesia.

Oleh karena itu kegiatan penyerahan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi yang tulus dari pemerintah dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Gubernur, bupati dan walikota yang telah menunjukan kerja keras dan kinerja yang luar biasa dalam melaksanakan komitmen dalam program JKN khususnya yang 95 Persen dari warganya telah terdaftar Program JKN, Tegasnya.

Ali Ghufron Mukti direktur utama BPJS Kesehatan menyampaikan ucapan Terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada gubernur, walikota dan bupati yang turut mendukung dan menjalankan komitmen dalam program JKN yang sudah di mulai sejak tahun 2014.

Turut mendampingi Penjabat Bupati Mesuji dalam kegiatan acara tersebut Dinas Sosial Kabupaten Mesuji, Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji serta Perwakilan BPJS Kabupaten Mesuji.

Editor : Nara

Penulis

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin