Try Out Semi Digital Ala SMKN 1 Banjit, Paradigma Baru Dunia Pendidikan

Try Out Semi Digital Ala SMKN 1 Banjit, Paradigma Baru Dunia Pendidikan

Fakta7.com || Waykanan – Dengan tidak adanya ujian nasional, tidak ada tantangan bagi para siswa siswi, tetapi soal mutu bisa tetap menjadi target bagi seoarang pengajar. Try Out yang dilakukan di SMKN 1 Banjit, merupakan sebuah uji coba untuk mengetahui sejauah mana kemampuan siswa siswi menyerap ilmu mereka.

Kepala SMKN 1 Banjit, Subuh Kurniawan mengatakan, yang mengikuti try out saat ini sebanyak 220 siswa dan siswi. Bahkan system yang diterapkan dalam ujian percobaan itu, menggunakan system digital.

“Kita berikan kebebasan bagi siswa, dengan system digital para siswa yang mengikuti try out nantinya bis akita lihat sejauh mana kemampuan mereka dalam menyerap mata pelajaran. Soal yang kita berikan juga cek point hanya sekitar empat, lainya esai. Kalau cek poin bisa mereka googling, tapi kalau esai harus mereka pahami sendiri,” katanya.

Dengan system digital, kata Subuh, siswa disuguhkan dengan sebuah aplikasi yang didamlamya terdapat mata ujian, dan bisa langsung dipantau oleh sekolah. “Semua kan terintegrasi, jadi bisa kita pantau. Aplikasi yang kita terapkan disekolah ini ada beberapa, termasuk madding digital, bahkan absen serta buku tamu,” ujarnya.

Bahkan dengan tiadak adanya ujian nasional, kata Subuh, SMKN 1 juga menerapkan uji kopetensi, dengan mendatangkan orang-orang industri untuk menguji para siswa dan siswi. “Try Out itu ada tahap satu, dua, tiga, karena setelah try out pertama ada evaluasi. Kita lihat progresnya sejauh mana, yang belum mencukupi kita lakukan try out dua, tiga hingga sampai kita ukur,” ujar dia.

Terkait system digital yang diterapkan, Kepsek yang mateng dalam dunia digitalisasi itu menegaskan, karena keterbatasan signal yanga da, maka server diboyong kesekolah, sehingga mampu menampung kecepatan signal. “Servernya ada disini (Sekolah,RED) tapi bisa diakses dari luar. Ini peralihan dari manual ke paperless. Kita memang tetap masih pakai semi digital, kalau yang pilihan ganda itu digital, tapi eseainya tetap pakai manual. Kalau yang pilihan ganda kan enak tuh, iseng-iseng berhadiahlah, tinggal klik-klik aja,” kata dia. RED/SENO

Penulis

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin