Songsong Heri Jadinya ke-77, PGRI WayKanan Gelar Workshop Pemanfaatan Rumah Belajar

Read Time:2 Minute, 9 Second

  

HUT PGRI ke-77, PGRI WayKanan Gelar Workshop Pemanfaatan Rumah Belajar

fakta7.com || Waykanan – Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin penting, seiring dengan perkembangan zaman menyongsong abad ke 21. TIK menjadi elemen dasar dalam kehidupan manusia di muka bumi.

Hal itu diungkapkan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Waykanan, Aan Frimadona Roza kepada gentamerah.com, disela-sela Workshop secara daring dengan tema Pemanfaatan Rumah Belajar Untuk Mendukung Transformasi Digital bersama Sahabat Rumah Belajar (SRB) Provinsi Lampung, di Sekretariat PGRI setempat, Senin (24/10/2022).

Menurutnya, workshop tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 tingkat Kabupaten dan PGRI Kabupaten Waykanan.

“Alhamdulillah hamper 250 peserta yang mengikuti acara ini, karena guru menjadi sosok penting yang harus dibekali, agar dapat menguasai TIK. Penerapan TIK di sekolah kita yakini dapat terselenggara pendidikan yang bermutu,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Waykanan, Machiavelli Herman Tarmizi yang membuka kegiatan daring tersebut mengatakan, bahwa  Workshop Pemanfaatan Rumah Belajar Untuk Mendukung Transformasi Digital yang dilaksanakan selama dua hari (24-25/10/22) diharpakan dapat mempraktikkan ilmunya dan menularkan kepada guru yang lain.

“Kegiatan ini sangat penting sekali dalam meningkatkan kapasitas guru diera teknologi informasi dan PGRI Waykanan menginisiasi kegiatan ini agar sekiranya guru-guru yang ada di Kabupaten Waykanan dapat mengikuti dengan serius. Dan rumah belajar merupakan portal pembelajaran yang diharapkan dapat membantu guru, peserta didik dan masyarakat untuk mendapatkan sumber belajar. Portal ini menyediakan bahan ajar serta fasilitas komunikasi antar komunitas pendidikan,” ujar Velly.

Salah satu pemateri workshop, Valentina Dewi yang juga SRB Provinsi Lampung tahun 2022 dan guru dari SDS Bhakti Baradatu menjelaskan, bahwa  portal rumah belajar berisi bahan belajar untuk guru, bahan belajar untuk siswa, bank soal dan katalog pembelajaran. 

“Rumah belajar ini merupakan portal resmi Kemendikbud yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekom) dengan alamat  url http://belajar.kemendikbud.go.id,” kata dia.

Ketua PGRI Provinsi Lampung, Drs. M.Ilyas Efendi, MM menerangkan, bahwa program workshop tersebut sangat bermanfaat bagi guru, PGRI memberikan ruang dalam kontribusi dan dapat menambah pengetahuan guru, khususnya diera digital.

“Kita ingin, semua guru harus mampu memanfaatkan teknologi informasi ini untuk pembelajaran. Untuk itu, kegiatan yang dilakukan PGRI Waykanan sangat baik sekali dan mendatangkan lima  narasumber dari Sahabat Rumah Belajar (SRB) yang merupakan guru di Waykanan untuk melatih guru memanfaatkan rumah belajar, guna menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan,” ujarnya.

Tindak lanjut dari workshop tersebut  akan ada penugasan terstruktur dengan moda in-on dan peserta diharapkan dapat berimprovisasi dan berinovasi untuk menciptakan bahan ajar yang menarik berbasis digital.RED

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Diduga Nguap, Polres Segera Selidiki Anggaran Media Rp2,1 M di DPRD Lampura
Next post Bupati Waykanan Meminta PJS Dapat Mengimpletasikan Program Unggulan Daerah