Minta Sejumlah Uang, Akun Ini Acam Sejumlah Pengguna FB di OKU Timur

Read Time:1 Minute, 16 Second

 

Minta Sejumlah Uang, Akun Ini Acam Sejumlah Pengguna FB di OKU Timur

Laporan : Juli Haryanto

Fakta7.comOKU Timur –  Akun Facebook yang diduga menggunakan nama palsu meresahkan sejumlah warga bahkan mantan pejabat di OKU Timur. Akun tersebut mengancam akan mengirimkan sejumlah video-video konten dewasa, jika akun yang dituju tidak memberikan sejumlah uang, seperti yang diminta akun hoak tersebut.

Akun tersebut menggunakan foto selebgram yang cukup terkenal berasal dari Kolaka Sulawesi Tenggara, dengan nama Widya Desvi Harbyanti (sumselsatu.com), bahkan pengukutnya telah mencapai ribuan.

Kasat Reskrim Polres OKU Timur AKP Apromico melalui Kanit Pidsus IPDA Wilson Hutahean meminta kepada masyarakat Kabupaten OKU Timur untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial (medsos), agar terhindar dari akun-akun tidak jelas yang dengan sengaja menyebarkan berita-berita bohong atau hoaks, sehingga dapat merugikan diri sendiri.

“Masyarakat OKU Timur kami minta jangan langsung percaya kepada orang yang baru kita kenal melalui medsos seperti facebook, whatsapp, instagram dan lainnya. Coba dicek dengan teliti kebenarannya, apabila link tersebut tidak jelas abaikan saja,” ujarnya, Selasa (30/08/2022).

Dijelaskannya, menurut Pasal 27 ayat (3) UU ITE, setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Dapat di pidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp750 juta.

“Kepada masyarakat OKU Timur khususnya remaja dan anak sekokah, harus tingkatkan kewaspada sejak dini dalam menggunakan media sosial yang dapat merugikan diri sendiri, apabila hal tersebut terjadi maka cepat laporankan kepada kepolisan terdekat,” imbuhnya.(Red)

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Diindikasi Anggota Bawaslu Lampung Bermasalah, AWPI Ingatkan Bawaslu RI
Next post Meriahkan HUT ke 77 RI, Kampung Kasui Lama Gelar Tournamen Sepak Bola