Prioritas Perbaikan Jembatan Nol Janji, Warga Bumi Baru Swadaya Mandiri Lakukan Perbaiki

 

Laporan : Baiki

Fakta7.com | Waykanan – Sudah bertahun-tahun rusak dan tidak ada perhatian pemerintah Daerah Waykanan, Lampung, akhirnya jembatan penghubung dari Dusun 3 (Sumber rejo) Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambanganumpu kabupaten setempat, menuju Jalan Lintas Sumatera (Jalan Negara), diperbaikis endiri oleh masayarakats ecara gotong royong.

Jembatan sepanjang 5 meter dengan lebar 3 meter itu Rusak sejak Tahun 2017, akibat terjangan banjir itu. Kendati sudah beberapa kali diusulkan kepada Pemkab Waykanan, tetapi hanya hisapan jempol belaka.

Atas inisiatif warga , pengurus Karang Taruna dan Aparat Kampung akhirnya bergotong royong dan sumbangan dana untuk memperbaiki jembatan tersebut.

Ditemui disela-sela Gotong Royong, Kepala Kampung Bumi Baru, Abdullah Candra Kurniawan mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum Waykanan bersama BNPB Sudah mengecek kerusakan jembatan tersebut pada tahun 2017, begitu juga pada tahun 2018 dan 2019, Sekdakab Waykanan juga pernah turun kelapangan, Namun realisasi perbaikan jembatan itu  sampai saat ini belum terlaksana.

 Sejak kerusakan jembatan itu, aparatur Kampung dan Warga sudah tiga kali melakukan gotong royong dan berswadaya melakukan perbaikan jembatan.

“Bahkan, dalam Musrenbang Kecamatan Blambanganumpu Tahun 2019,2020, dan 2021, Perbaikan Jembatan tersebut selalu ranking pertama prioritas untuk pembangunan, namun sampai sekarang tak kunjung realiasasi, ” kata Abdullah Candra, Jumat (13/05/2022).

Harapannya, jembatan tersebut menjadi salah satu prioritas pembangunan oleh Dinas PU Waykanan, mengingat pentingnya akses jembatan itu untuk lalu lintas Warga dan keluar masuk hasil Bumi Petani.

“Kami menyadari, dalam situasi Pandemi Covid -19 banyak anggaran pembangunan dialihkan ke Penanganan Covid-19, namun kami berharap, jika tersedia anggaran untuk Pembangunan Fisik, perbaikan jembatan ini mohon menjadi salah satu prioritas,” harapnya.

Kakam mengaku sudah lapor ke Kadis PU Waykanan, Edwin Bavur mengenai permasalahan tersebut, beberapa waktu yang lalu. “Beliau berjanji untuk memperjuangkan,” kata dia.

Editor : Kancha Raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *