Kukuhkan KT Kecamatan, Bupati Waykanan : Karang Taruna Wadah Pengembang Generasi Muda

Kukuhkan KT Kecamatan, Bupati Waykanan : Karang Taruna Wadah Pengembang Generasi Muda

Ali Hanapiah

LAporan : Ali Hanapiah

Fakta7.com || Waykanan – Pengrus karang taruna Kecamatan se-Kabupaten Waykanan  dikukuhkan secara serentak di Gedung Pusiban Pemkab Waykanan , Selasa (16/05/2023). Dalam acara yang dihadiri Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, H. Dendi Ramadhona K.,S.T.,M.Tr.I.P. itu, Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya mengukuhkan pengurus Karang Taruna Kecamatan atas nama Ketua Karang Taruna Waykanan, Abdullah Candra Kurniawan.

Bupati Adipati mengatakan, bahwa Karang Taruna merupakan wadah pengembang generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial, dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya pemuda.

Karang Taruna didirikan dengan tujuan, mewujudkan kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya, sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya. Hal tersebut tercermin dari tema yang diangkat pada kegiatan ini, yaitu Bersama Karang Taruna, Pulih Bersama Berdaya Bersama.

“Karang Taruna sebagai motor penggerak perubahan sosial yang diperlukan untuk selalu meningkatkan kualitas kelembagaan, sehingga pada gilirannya dapat membina generasi muda secara lebih efektif dan efisien, khususnya dalam kegiatan usaha yang mendukung laju percepatan pembangunan. Dalam setiap momen penting perubahan bangsa senantiasa melibatkan kaum muda sebagai lokomotif penggeraknya. Jika perubahan penting bangsa ini dapat dikategorikan menjadi beberapa tahap, maka pada semua tahapan peran pemuda selalu mengambil andil sebagai penggerak perubahan tersebut,” ujar Adipati.

Bupati Waykanan sebagai  Pembina Karang Taruna Kabupaten Setempat  berharap, Karang Taruna dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing kecamatan, sesuai karakteristik yang ada, sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategi penanganan permasalahan sosial kedepan, sehingga secara bertahap tapi pasti grafik permasalahan kesejahteraan sosial khususnya di Kabupaten Waykanan  yang dapat ditekan, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkat.

Sementara itu, ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona mengapresiasi kepedulian Bupati Waykanan terhadap eksstensi Karang Taruna. “Salah satunya dibuktikan pada hari ini, Seorang Bupati mau melantik pengurus Karang Taruna tingkat kecamatan, yang biasanya menjadi tugas camat,” Kata Dendi.

Dendi berharap, agar pengurus dan anggota karang taruna dapat berkiprah disegala bidang dan bukan hanya bidang sosial saja.

” Memang awalnya Karang Taruna dibentuk tahun 1980 oleh pemerintah  dengan fokus dibidang sosial.kemasyarakatan, namun dengan perkembangan jaman bisa juga berkiprah di bidang lain termasuk bidang politik,” ujarnya.

Dendi mengaku senang jika ada anggota karang taruna bisa berkiprah di bidang lain misalnya jadi anggota dewan, tapi dengan tetap didasari jiwa karang taruna yakni kesetiakawanan sosial.

Selain kegiatan Pelantikan, pada hari yang sama juga dilakukan kegiatan Diskusi Panel Partisipasi  Pemuda menyongsong tahun politik 2024,  dan bagikan Paket Sembako untuk masyarakat yang miskin ekstrim & stunting senilai Rp.200.000 ke 20 KK sunatan masal 18 anak juga diberi uang saku Rp.350.000 per orang anak, dan donor darah yang di ikuti 19 peserta.

Editor : Sen’s

Tinggalkan Balasan

error: Beita Milik GNM Group Harap Izin